A. Pengertian Desain Produk
Desain produk adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merancang
atau mendesain suatu benda untuk kebutuhan manusia yang mengutamakan
unsur estetika, ergomoni dan fungsional dari benda yang dirancang itu
sendiri serta kenyamanan bagi penggunanya. Di bidang desain produk juga
mencakup perancangan yang berhubungan dengan benda-benda yang melekat
pada tubuh manusia dan juga yang ada di sekitar kita. Seorang desainer
produk tidak hanya sekedar mengandalkan kreativitas dalam membuat suatu
bentuk yang baru, melainkan juga harus memikirkan tentang fungsi yang
memudahkan pekerjaan manusia dan juga kenyamanan agar penggunanya tidak
mengalami kecelakaan. Seorang desainer produk dibekali dengan pola pikir
untuk mencari jalan yang lebih baik dan inovatif untuk mengerjakan
sesuatu.
Para desainer produk juga dapat bekerja diluar lingkup sebuah produk,
meliputi packaging, pameran, interior, dan -pada beberapa kasus, dengan
teknologi informasi yang semakin berkembang menjadi kompleks, desainer
produk juga dapat bekerja untuk menyederhanakan software yang
menjalankan berbagai macam produk.
B. Ruang lingkup Desain Produk
Ruang lingkup keilmuan desain produk meliputi rancang bangun
peralatan atau perlengkapan rumah tangga, medis, kantor, sports,
komponen arsitektural, handicraft, alat transport, sarana perkotaan, dan
lainny. Para desainer produk juga dapat bekerja diluar lingkup sebuah
produk, meliputi packaging, pameran, interior, dan -pada beberapa kasus,
dengan teknologi informasi yang semakin berkembang menjadi kompleks,
desainer produk juga dapat bekerja untuk menyederhanakan software yang
menjalankan berbagai macam produk. Dalam mendesain sebuah produk berarti
membaca sebuah pasar, kemauan mereka, kemampuan mereka, pola pikir
mereka serta banyak aspek lain yang akhirnya mesti diterjemahkan dan
diaplikasikan dalam perancangan sebuah produk. Kunci kesuksesan sebuah
produk menembus pasar adalah semua aspek desain tersebut diterima oleh
pasar, baik berupa bentuk, kenyamana dan keamanannya sudah sesuai dengan
keinginan pasar. Kemampuan sebuah produk bertahan dalam siklus sebuah
pasar ditentukan oleh bagaimana sebuah desain mampu beradaptasi akan
perubahan-perubahan dalam bentuk apapun yang terjadi dalam pasar yang
dimasuki produk tersebut, sehingga kemampuan tersebut menjadi nilai
keberhasilan bagi produk itu sendiri.
C. Tujuan Desain Produk
C. Tujuan Desain Produk
Berdasarkan beberapa pemahaman diatas bahwa desain produk mempunyai
tujuan untuk menciptakan dan mengembangkan produk baru dan menjamin
hasil produk sesuai dengan keinginan pengguna. Tujuan itu sendiri dapat
disimpulkan menjadi point point sebagai berikut :
- Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna.
- Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
- Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya.
- Untuk membuat produk seekonomis mungkin dalam penggunaan bahan baku biayanya dengan tanpa mengurangi nilai jual serta kualitas produk tersebut.
https://sangsemutkecil.wordpress.com/2016/10/12/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-desain-produk-2/
0 komentar:
Posting Komentar